Penyusunan Bahan Ajar IPS Berbasis Potensi Lokal

 PENYUSUNAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS POTENSI LOKAL

(Tahun 2016)


Tim Peneliti

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

 

Ringkasan

Proses pendekatan kontekstual pembelajaran yang perlu dibangun dalam penyusunan bahan ajar berbasis potensi lokal:

- relating (belajar dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata)

- experiencing (belajar ditekankan pada penggalian, penemuan, penciptaan)

- applying (belajar bilamana pengetahuan dipresentasikan di dalam konteks pemanfaatannya)

- cooperating (belajar melalui konteks komunikasi interpersonal)

- transfe­ring (belajar melalui pemanfaatan pengetahuan di dalam situasi atau konteks baru)


Potensi lokal menjadi sumber pengalaman belajar yang harus diintegrasikan dengan pendidikan kecakapan hidup, meliputi:

-    eksistensi diri

-    potensi diri

-    menggali informasi

-    mengambil keputusan

-    menyimpulkan

-    berkomunikasi lisan dan tertulis

-    bekerja sama

-    mengidentifikasi dan menghubungkan variabel

 

Rekomendasi Kajian

-  Kebijakan yang memfasilitasi guru mengembangkan bahan ajar bersumber lingkungan sekitar

 

SKPD terkait

-  Dinas Pendidikan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama