PENYUSUNAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS POTENSI LOKAL
(Tahun 2016)
Tim Peneliti
Lembaga
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Ringkasan
Proses
pendekatan kontekstual pembelajaran yang perlu dibangun dalam penyusunan bahan
ajar berbasis potensi lokal:
- relating
(belajar dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata)
- experiencing
(belajar ditekankan pada penggalian, penemuan, penciptaan)
- applying
(belajar bilamana pengetahuan dipresentasikan di dalam konteks pemanfaatannya)
- cooperating
(belajar melalui konteks komunikasi interpersonal)
- transfering
(belajar melalui pemanfaatan pengetahuan di dalam situasi atau konteks baru)
Potensi lokal menjadi sumber pengalaman belajar yang harus diintegrasikan dengan pendidikan kecakapan hidup, meliputi:
- eksistensi
diri
- potensi
diri
- menggali
informasi
- mengambil
keputusan
- menyimpulkan
- berkomunikasi
lisan dan tertulis
- bekerja
sama
- mengidentifikasi
dan menghubungkan variabel
Rekomendasi Kajian
- Kebijakan
yang memfasilitasi guru mengembangkan bahan ajar bersumber lingkungan sekitar
SKPD terkait
- Dinas Pendidikan