EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF
SEKOLAH DASAR DI KOTA BANJARMASIN
(Tahun 2016)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
- Tingkat kebutuhan masyarakat akan pentingnya
pendidikan inklusif tinggi
- Pemenuhan sarpras dan guru pendamping menimbulkan
beban biaya tambahan yang belum jelas sumbernya bagi sekolah
- Proses pembelajaran pada sekolah inklusif berjalan
baik
Rekomendasi bagi pemerintah
daerah:
- Pembinaan terstruktur bagi sekolah penyelenggara
pendidikan inklusif
- Peningkatan aksesibilitas pendidikan inklusif
- Peningkatan kompetensi guru dalam hal penanganan
anak berkebutuhan khusus: metode pembelajaran, modifikasi kurikulum, penilaian
- Sosialisasi pendidikan inklusif ke masyarakat
- Pemenuhan kehutuhan sarana prasarana sesuai standar
pendidikan inklusif
- Alokasi pembiayaan honorarium guru pendamping anak
berkebutuhan khusus
SKPD terkait
- Dinas Pendidikan
- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak