Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF

SEKOLAH DASAR DI KOTA BANJARMASIN

(Tahun 2016)


Tim Peneliti
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

Ringkasan
Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan program pendidikan inklusif pada sekolah-sekolah inklusif di Kota Banjarmasin:

-   Tingkat kebutuhan masyarakat akan pentingnya pendidikan inklusif tinggi

-  Pemenuhan sarpras dan guru pendamping menimbulkan beban biaya tambahan yang belum jelas sumbernya   bagi sekolah

-   Proses pembelajaran pada sekolah inklusif berjalan baik

-   Pendidikan inklusif menghasilkan sikap sosial dengan aktualitas cukup hingga sangat baik
-   Anak berkebutuhan khusus lulusan sekolah inklusif melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi 

Rekomendasi Kajian

Rekomendasi bagi pemerintah daerah:

-  Pembinaan terstruktur bagi sekolah penyelenggara pendidikan inklusif

-  Peningkatan aksesibilitas pendidikan inklusif

- Peningkatan kompetensi guru dalam hal penanganan anak berkebutuhan khusus: metode pembelajaran, modifikasi kurikulum, penilaian

-  Sosialisasi pendidikan inklusif ke masyarakat

-  Pemenuhan kehutuhan sarana prasarana sesuai standar pendidikan inklusif

-  Alokasi pembiayaan honorarium guru pendamping anak berkebutuhan khusus

 

SKPD terkait

-  Dinas Pendidikan

-  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama